5 Tips Mencegah Keringat Saat Acara Pernikahan yang Harus Kamu Perhatikan

query_builder07 May 2016
flash_on3,309
personMas Ucok

Pernikahan merupakan momen sakral yang kehadirannya dinanti-nantikan setiap orang. Karena hanya terjadi sekali seumur hidup, biasanya kita akan melakukan persiapan yang matang dan maksimal agar acara berjalan dengan lancar tanpa hambatan apa pun. Namun karena terlalu fokus pada teknis, umumnya calon pengantin kurang memerhatikan hal lain yang tak kalah penting.

Kita tentu ingin tampil maksimal saat menjadi raja/ratu sehari besok, kan? Sayangnya, rangkaian acara yang begitu padat dan melelahkan sering kali menyebabkan produksi keringat dalam tubuh meningkat. Hal ini tentu membuat kita kurang nyaman. Lalu bagaimana cara mencegah keringat berlebih saat acara berlangsung?

Rutin Mandi

Jauh sebelum hari pernikahan, biasakan untuk mandi secara rutin, minimal dua kali sehari. Jika memungkinkan, kamu bisa mandi 3 kali dalam sehari atau kapanpun merasa butuh mandi, maka mandilah. Rutin mandi tidak hanya membuat tubuh lebih segar, tapi juga mengusir kuman dan bakteri penyebab keringat dan bau badan. Perhatikan area lipatan-lipatan kulit dan bagian tubuh yang susah dijangkau seperti belakang lutut, telinga, punggung, serta sela-sela kaki.

Pakai Sabun Antiseptik

Mandi rutin pun sejatinya tak cukup membantu jika kamu tidak menggunakan sabun yang tepat. Untuk mengurangi bau badan dan keringat berlebih, kita bisa menggunakan sabun antiseptik yang banyak dijumpai di apotek atau toko di sekitar rumah. Tak perlu risau jika ingin mendapatkan wanginya, karena sabun antiseptik sekarang sudah banyak dikemas dengan berbagai varian aroma wangi yang kita sukai.

Gunakan Deodoran Usai Mandi

Keringat umumnya banyak keluar dari area ketiak. Selain aromanya kurang sedap, hal ini tentu saja sangat mengganggu penampilan. Nah, langkah lain yang harus kamu lakukan untuk mencegah keluarnya keringat berlebih saat hari pernikahan adalah dengan rutin menggunakan deodoran atau antiperspiran usai mandi.

Perhatikan Asupan Makanan

Makanan yang kita konsumsi sangat besar pengaruhnya terhadap kondisi tubuh kita lho. Salah satunya adalah keringat dan aroma tubuh yang dikeluarkan. Oleh karenanya, menjaga asupan dan pola makan merupakan hal yang wajib diperhatikan calon pengantin. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran. Selain itu, hindari makanan pedas pemicu keringat berlebih.

Pilih Pakaian Pengantin yang Nyaman

Pemilihan pakaian pengantin juga ikut memengaruhi penampilan kita besok pada cara pernikahan lho. Umumnya pakaian pengantin dibuat dengan model dan bahan yang panas dan kurang nyaman dikenakan. Hal inilah yang membuat si pengantin merasa sedikit kepanasan ketika acara berlangsung. Jika memungkinkan, pilihlah baju pengantin dengan desain yang sederhana namun tetap nyaman dipakai.

Itu dia 5 tips mencegah keringat berlebihan saat acara pernikahan berlangsung. Bagaimana, sudah siap duduk di pelaminan dengan pujaan hati, kan?

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id