Trik Pintar Memilih Vendor Catering Pernikahan

query_builder27 March 2017
flash_on1,145
personFathia Azkia

Jamuan, adalah salah satu unsur penting dan utama dari sebuah pesta pernikahan. Oleh karenanya, tak heran bila unsur ini paling banyak menghabiskan biaya diantara aspek lainnya seperti tata rias, busana, dekorasi, atau hiburan.

Mengingat pernikahan merupakan momen terbaik sekali seumur hidup, maka sebagian pasangan yang punya dana besar tak akan ragu-ragu untuk mengeluarkan uang hingga ratusan juta hanya untuk menjamu tamu undangan.

Harapannya, agar seluruh kerabat, sanak saudara, dan teman-teman yang datang merasa terkesan dan ikut merasakan kebahagiaan yang tengah menyelimuti perasaan kedua mempelai.

Kendati harga biasanya ikut mempengaruhi rasa masakan, kamu dan pasangan sebaiknya tetap tidak boleh asal dalam memilih vendor catering untuk hari resepsi. Maka dari itu, ikuti tahap-tahap di bawah ini demi menemukan vendor yang ideal.

Survei

Survei, survei, dan survei. Jangan bosan untuk terus mencari dan membandingkan penawaran dari sedikitnya lima vendor catering berbeda. Entah itu yang ternama maupun yang baru merintis sekalipun.

Survei bisa kamu lakukan baik lewat pencarian di internet atau datang langsung ke lokasi catering berbeda. Dan kalau mau lebih mudah lagi, kamu bisa memanfaatkan event pameran pernikahan yang banyak digelar tahun ini.

Cek paket

Selama membandingkan vendor catering berbeda, poin penting yang wajib kamu pertimbangkan adalah paket dan harganya. Cari tahu juga apa yang unggul dari paket catering A, namun tidak selengkap paket catering B.

Akan lebih baik lagi jika kamu mencari vendor catering yang paketnya sudah termasuk jasa make up, dekorasi, dan pelaminan. Meski harganya pasti lebih mahal, namun setidaknya kamu sudah bisa menghemat waktu dan tenaga untuk urusan yang lain.

Partner gedung

Tidak seperti menikah di rumah, menikah di gedung umumnya kamu akan berhadapan dengan problem vendor catering yang ternyata belum menjalin kerjasama dengan gedung incaran kamu.

Karenanya, sebelum melangkah lebih jauh, tanyakanlah terlebih dulu kepada pihak vendor apakah ia sudah bekerjasama atau belum. Sebab bila belum, umumnya pihak gedung akan mengenakan charge sebesar 30% dari harga sewa gedung.

Lakukan test food

Vendor catering yang profesional sudah tentu tidak segan untuk mengajak calon kliennya mencicipi menu andalannya. Saat hendak test food, jangan lupa ajak serta orang tua dan calon mertua kamu untuk menilai rasa masakannya.

Sebagai saran, lebih baik lakukan tester ketika vendor tersebut tengah mengurus pesta pernikahan kliennya, sehingga kamu dan pasangan akan tahu benar bagaimana cita rasa asli masakan yang dihidangkan si vendor.

Karena biasanya, cita rasa masakan kerap berbeda antara aslinya dengan yang dihidangkan pada saat vendor melakukan open house.

Tawar

Setelah merasa cocok dengan satu vendor, jangan ragu untuk meminta potongan harga kepada mereka. Apalagi bila kamu mengambil full package biasanya pihak vendor akan memberi diskon menggiurkan yang sayang jika dilewatkan.

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id