Trik Gelar Resepsi Sederhana

query_builder12 April 2017
flash_on18
personFathia Azkia

Bertahun-tahun menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih, kini tiba waktunya kamu dan pasangan berencana untuk meng-halal-kan hubungan kalian. Rencana tersebut bahkan sudah dipikirkan sejak jauh-jauh hari, termasuk urusan menabungnya.

Setiap bulannya, kamu dan pasangan dituntut harus bisa menyisakan uang dari penghasilan sebesar Rp1 Juta. Jika diakumulasikan, dalam setahun kalian berdua sudah memiliki tabungan menikah sebanyak Rp24 Juta. Namun, di kondisi saat ini, menikah dengan dana sebesar itu rasanya agak sulit.

Untuk menggelar pesta pernikahan di rumah saja, setidaknya butuh dana Rp35-40 Juta agar bisa mengundang setidaknya 300 tamu. Sebaliknya, menikah di gedung sudah tentu akan membutuhkan biaya yang lebih besar lagi.

Oleh karenanya, apabila target menikah masih 2-3 tahun lagi. Itu tandanya masih ada kesempatan untuk kamu dan pasangan meningkatkan nominal tabungan.

Dan nyatanya, tidak ada yang tidak mungkin menggelar resepsi dengan dana di bawah Rp50 Juta. Bahkan pestanya bisa kamu adakan di gedung, lho. Tak percaya? Coba ikuti resep menekan bujet resepsi yang dilansir qmfinancial.com.

  • Demi meminimalisir dana, usahakan cari gedung atau aula pertemuan yang membandrol harga sewa kurang dari Rp5 Juta/6 jam. Tak perlu yang bagus, cukup yang sederhana saja namun bisa menampung tamu yang bakal kamu undangan.
  • Menyoal tamu undangan, sebaiknya undang rekan kerja, teman semasa sekolah, dan teman orang tua yang cukup dekat dengan kalian. Hindari mengundang teman-teman yang tak punya kedekatan langsung dengan kamu guna mengurangi biaya dan porsi catering.
  • Jika benar-benar ingin menekan bujet, alangkah baiknya tidak usah memakai jasa catering melainkan meminta bantuan tenaga dari keluarga maupun tetangga untuk sajian pesta. Untuk peralatan makannya, sewalah dari jasa tenda yang biasanya menawarkan harga terjangkau.
  • Ada sebagian orang yang memisahkan hari akad dengan hari resepsi. Padahal, cara ini bisa jadi pemicu membengkaknya pengeluaran. Sebaliknya, gabungkan kedua momen tersebut dalam satu hari yang sudah tentu bisa menghemat jasa rias dan catering.
  • Biaya cetak undangan fisik saat ini relatif mahal. Sebagai solusi, untuk mengundang teman-temanmu dan pasangan, menggunakan undangan online dinilai jauh lebih baik. Dengan harga Rp250 Ribuan, kamu bisa menyebar undangan dalam jumlah yang tak terbatas.
  • Saat ini ada begitu banyak pilihan souvenir yang murah lagi fungsional. Daftarnya bisa kamu temukan dalam artikel Souvenir Nikah Harga Rp3 Ribuan? Ini Contohnya!
  • Keinginan kamu untuk menjahit sendiri baju pernikahan sebaiknya perlu diurungkan. Mengingat, jika dibandingkan, ongkos menjahit dan membeli bahan jauh lebih mahal ketimbang menyewa.
  • Beberapa orang mungkin masih menganggap jasa Wedding Organizer selalu memberi hasil yang tak pernah mengecewakan. Padahal siapa tahu sahabat terdekatmu bisa difungsikan menjadi panitia pernikahan yang jauh lebih profesional.

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id