6 Keuntungan Membuat Undangan Pernikahan Secara Online

query_builder19 May 2016
flash_on2,890
personMas Ucok

Pernikahan dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya memang selalu menarik untuk dibahas. Momen istimewa ini rasanya tak akan terlupakan dan selalu dikenang seumur hidup—sepanjang usia. Kita tentu ingin pesta pernikahan yang kita gelar dihadiri oleh keluarga, sahabat, dan orang-orang terdekat, bukan? Karenanya, kita memerlukan media untuk mengundang mereka.

Undangan cetak atau kartu undangan adalah media mainstream yang umum dipakai untuk memberi kabar kepada kerabat tentang acara pernikahan yang hendak kita gelar, lengkap beserta hari, tanggal, tempat, serta tentu saja nama si penerima undangan. Namun seiring kesibukan dan mobilitas yang semakin padat, terkadang undangan yang sejatinya sudah kita persiapkan tidak sempat dikirimkan ke alamat tujuan. Akhirnya, banyak dari mereka yang terpaksa tidak hadir karena merasa tidak menerima undangan dari kita.

Nah, tak usah risau jika Anda dihadapkan pada situasi semacam ini. Salah satu alternatif cemerlang yang bisa Anda coba adalah membuat undangan pernikahan secara online. Lalu, apa sih undangan online itu?

Undangan pernikahan online adalah jenis undangan yang dapat diakses melalui fasilitas gawai seperti laptop, komputer, smartphone, dan sebagainya. Undangan ini akan otomatis mengirim tautan atau link ke gadget tamu undangan yang bisa diakses melalui Facebook, Twitter, email, dan sebagainya.

Seperti undangan cetak pada umumnya, undangan online via website juga dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai nama penerima, hari dan tanggal acara, tempat, dan sebagainya.

Kenapa Harus Memakai Undangan Online? Apa Saja Kelebihannya?

Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika memakai undangan online adalah:

Cocok untuk Anda yang Sibuk

Undangan online ini akan secara otomatis dan praktis mengirim link ke penerima. Tamu undangan bisa mengaksesnya melalui gadget yang mereka miliki. Dengan begini, Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk mengantarkan undnagan satu persatu.

Tidak Ada Batasan Ruang dan Waktu

Salah satu kepraktisan yang ditawarkan undangan online ini adalah tidak adanya batas ruang dan waktu. Undangan ini akan dengan mudah dikirim ke mana saja dan kapan saja sesuai keinginan Anda.

Lebih Cepat Terkirim

Karena hanya mengandalkan koneksi internet, undangan online milik kita pun akan cepat sampai ke penerima dan alamat tujuan, sehingga kita tidak perlu repot-repot berkeliling atau mengirimkannya melalui pos.

Mudah Diganti Jika Ada Data yang Salah

Tidak seperti undangan cetak yang susah diganti (bahkan harus dicetak ulang) jika ada kesalahan data, undangan online jauh lebih mudah diedit. Selain itu, kita pun tidak perlu lagi merogoh kocek untuk proses perbaikan tersebut.

Fiturnya Menarik

Banyak sekali fitur dan kelebihan menarik yang ditawarkan undangan online untuk calon pengantin. Di antaranya adalah desain dan tema yang bisa dipesan sesuai keinginan, back sound undangan pun bisa disesuaikan, misalnya lagu favorit calon pengantin.

Hemat Biaya dan Ramah Lingkungan

Nah, alasan terakhir inilah yang banyak membuat calon pengantin sekarang lebih memilih undangan online ketimbang cetak. Jika diestimasi, biaya pembuatan undangan online jauh lebih murah dari undangan cetak. Selain hemat biaya, membuat undangan secara online via website juga ikut membantu pelestarian lingkungan karena nol pemakaian kertas.

Tentu keuntungan membuat undangan online tersebut juga harus dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kondisi ya. Jika sebagian besar tamu yang akan Anda undang memiliki akses informasi yang cukup, undangan online cocok menjadi pilihan. Sebaliknya, undangan cetak pun bisa jadi pilihan yang pas. Pilihan ada di tangan Anda.

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id