Barang-barang yang Wajib Ada dalam Seserahan

query_builder22 February 2017
flash_on23,242
personFathia Azkia

Sebuah proses akad nikah tak akan terasa afdol bila tidak disertai dengan agenda pemberian seserahan (hantaran) dari pihak mempelai pria kepada wanita. Seserahan pun sering diartikan sebagai simbol yang menunjukkan kesiapan pria dalam menanggung semua kebutuhan lahir bathin istrinya.

Dalam beberapa tradisi, ada yang mengatakan bahwa seserahan itu hanya diberikan pria ke wanita, dan tidak sebaliknya. Namun ada juga sebagian yang berpendapat jika pihak wanita pun harus mengembalikan barang seserahan yang kurang lebih jenisnya sama kepada pria.

Terlepas dari tradisi tersebut, prosesi seserahan dewasa ini menjadi momen terbaik yang sangat perlu diabadikan kamera. Karenanya, tak jarang barang-barang seserahan dikemas secantik mungkin agar memikat mata para undangan yang menyaksikan.

Bagi yang beragama muslim, seserahan berupa perlengkapan alat solat atau mukena seringkali dikreasikan menjadi bentuk masjid, dua ekor angsa, atau bunga. Sementara seprei dan selimut diubah menjadi bentuk boneka yang menggemaskan.

Hantaran sendiri sebenarnya dipersiapkan dari pihak pengantin pria, tapi tentunya dengan menyesuaikan warna favorit dan selera yang disukai si wanita.

Meski demikian, ada juga beberapa wanita yang memutuskan untuk membeli sendiri barang-barang seserahannya lalu diberikan ke sang pria untuk dikemas.

Soal isinya, kamu tak perlu bingung. Berikut ini daftar barang-barang yang sebaiknya dimasukkan ke dalam kelompok hantaran. Check it out!

Mukena dan sajadah

Perlengkapan solat ini patut kamu jadikan dalam satu box. Seperti sudah dijelaskan di atas, agar menarik jangan lupa dihias se-kreatif mungkin, ya.

Perawatan tubuh

Rasanya sedikit sekali wanita yang kurang menyukai perawatan tubuh. Oleh karenanya, berikanlah berbagai jenis body treatment yang kerap dibelinya. Mulai dari lulur badan, shampo, sabun mandi, masker wajah, krim rambut, hingga sabun cuci muka yang cocok dengan tipe kulitnya.

Kamu juga bisa menambahkan satu buah handuk yang dibentuk menyerupai hewan yang lucu maupun karakter kartun.

Peralatan rias wajah

Pensil alis, lipstik, eyeliner, bedak, eyeshadow, glitter, bedak, pelembab, hingga blush on, adalah segelintir peralatan make up yang tak boleh ketinggalan dalam seserahan. Apalagi jika calon istrimu gemar berdandan, sebaiknya tambahkan juga brush set dan beauty blender yang lagi ‘kekinian’.

Pakaian dalam

Yang satu ini mungkin agak risih dibeli kaum pria, namun sangat penting dalam esensi sebuah seserahan. Untuk pakaian dalam meliputi lingerie atau baju tidur, serta bra dan celana berjumlah tiga set.

Pakaian

Untuk pakaian, kamu bisa mengklasifikasikannya menjadi pakaian kerja dan bepergian. Sehingga keduanya bisa kamu gabungkan dalam satu kotak seserahan, atau dipisah masing-masing.

Pakaian di sini meliputi jilbab (jika calon istrimu berhijab), baju, dan rok/celana. Soal warna dan motifnya, tentu kamu tahu selera calon istrimu, kan?

Aksesori penampilan

Sebagai penunjang penampilan, tas dan sepatu juga tidak boleh ketinggalan dalam daftar seserahanmu. Sebisa mungkin, aksesori tersebut memiliki warna yang senada dengan pakaian yang kamu beli.

Selamat berburu!

Sumber foto: Rumahbolu.net

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id