Menghitung Budget Akad Nikah

query_builder27 February 2017
flash_on1,737
personFathia Azkia

Akad nikah adalah proses wajib yang dilakukan untuk mengesahkan bertemunya dua insan yang saling mencintai. Di sinilah mempelai pria dengan lantang mengucapkan janji suci di hadapan penghulu, saksi, orang tua, sanak saudara, dan kerabat.

Lazimnya, acara akad nikah diadakan pada pagi hari atau sore hari tergantung dari waktu resepsinya. Namun ada juga beberapa yang mengadakan akad nikah berbeda dengan tanggal resepsi.

Susunan acara dalam momen penting ini biasanya didahului dengan;

  • Pembukaan dari MC
  • Kata sambutan dari pihak wanita dan pria
  • Serah terima hantaran dari ibunda pria ke ibunda wanita
  • Pembacaan ayat suci Al-Quran
  • Ijab kabul
  • Penyerahan mahar
  • Ceramah pernikahan
  • Doa
  • Sungkeman ke orang tua

Meski kelihatannya sederhana dan membutuhkan waktu tak kurang dari 3 jam, namun tetap saja prosesi akad nikah yang sakral mesti dirancang sebaik mungkin agar berjalan dengan lancar. Begitupun dengan urusan biayanya.

Biaya untuk prosesi akad nikah memang tidak sebesar acara resepsi. Setidaknya hanya berkisar 3%-8% dari total budget pernikahan.

Agar memudahkan kamu dan pasangan yang hendak mempersiapkan akad nikah, berikut Sebarundangan.id paparkan contoh simulasi perhitungan biayanya yang relatif terjangkau.

  1. Biaya administrasi menikah di luar KUA Rp600.000
  2. Ongkos penghulu Rp200.000 (tergantung keikhlasan)
  3. Snack akad Rp300.000 @Rp5.000/box untuk 60 tamu
  4. Hidangan akad (prasmanan) Rp850.000
  5. Kopi dan teh Rp150.000
  6. Juru foto dan video Rp300.000
  7. Ongkos penceramah Rp200.000
  8. Make up akad Rp500.000
  9. Dekorasi akad (meja, kursi, bunga, backdrop) Rp250.000
  10. Busana akad Rp350.000

Total biaya: Rp3.700.000

Biaya ini bisa jadi berubah lebih tinggi atau lebih rendah sesuai dengan jumlah tamu yang hadir dan hidangan akad yang kamu sajikan. Beberapa diantaranya bahkan bisa direduksi, seperti misalnya ongkos penceramah.

Apabila salah satu anggota keluargamu misalnya paman atau sepupu yang berprofesi sebagai ustadz, sangat mungkin kamu bisa memintanya berbicara ketimbang harus memanggil penceramah dari luar.

Tidak hanya dari segi itu, jika ada temanmu yang bersedia mengabadikan momen indah kamu dan pasangan saat akad dengan uang jasa cuma-cuma, sebaiknya jangan lewatkan tawaran bagus ini.

Begitupun dengan tarif make up yang bisa ditepis miring dengan memanfaatkan keahlian sahabatmu dalam memoles wajah. Bisa hemat ratusan ribu, kan?

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id