Tips Memilih Wedding Organizer Profesional

query_builder17 March 2017
flash_on1,191
personFathia Azkia

Menggunakan jasa perencana pernikahan di mata sebagian orang mungkin terdengar mahal. Memang, jasa wedding organizer (WO) lebih sering dipakai oleh pasangan yang punya dana lebih untuk sebuah pesta pernikahan.

Meski begitu, kenyataannya ada juga wedding organizer yang membanderol harga paket pernikahan yang terjangkau. Salah satu WO di wilayah Condet, Jakarta Timur, menawarkan paket menikah di gedung dengan biaya mulai Rp57 Juta untuk 300 tamu undangan. Terjangkau, kan?

Jadi sebenarnya, memakai jasa perencana pernikahan tidak melulu mahal, melainkan bisa lebih menekan biaya besar karena semuanya sudah terorganisir. Namun sebelum memutuskan berkunjung ke salah satu vendor WO, sebaiknya kamu dan pasangan menjawab dulu empat pertanyaan ini.

  1. Berapa banyak uang yang kalian miliki untuk resepsi?
  2. Berapa banyak orang yang ingin diundang?
  3. Kapan tanggal pesta pernikahannya?
  4. Apa visi dan konsep kalian untuk pesta pernikahan?

Setelah semua konsep, ide, dan keputusan sudah didasarkan atas keinginan bersama, kini waktunya kamu dan pasangan menentukan vendor perencana pernikahan yang tepat. Langkahnya bisa diawali dari:

Jangan bosan datang ke pameran

Alasan kamu dan pasangan menggunakan jasa WO sudah tentu karena keterbatasan waktu yang dimiliki. Maka dari itu, mendatangi pameran pernikahan bisa menjadi solusi terbaik.

Wadah perkumpulan para vendor pernikahan dalam satu event ini terbilang sering diadakan di Jakarta. Selain bisa menghemat waktu, kamu dan pasangan juga bisa melihat langsung portofolio yang dipamerkan masing-masing vendor WO.

Dengan begitu, dalam satu atau dua hari, dipastikan kalian berdua bisa menemukan daftar vendor WO profesional, menimbang kelebihan dan kekurangannya, hingga akhirnya menyeleksi mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Untuk mengetahui tanggal pameran pernikahan tahun ini, kamu bisa menyimak artikel Pameran Pernikahan yang Wajib Kamu Datangi Tahun Ini!

Pertimbangkan saran teman

Kamu juga bisa meminta referensi dari teman atau kerabat yang sudah pernah menggunakan jasa WO. Tanyakan apa pendapatnya mengenai WO tersebut, berapa harga paketnya, serta apakah mereka memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Cari yang ahli

Ketika kamu mewawancarai tim perencana pernikahan, pastikan untuk bertanya seberapa besar layanan yang bisa mereka berikan. Sebab, koordinator pernikahan yang baik harus mampu menangani semua rincian pernikahan kamu.

Salah satu ciri WO yang profesional adalah mereka bisa menangkap apapun ide kamu dan pasangan, memberikan saran, hingga merevisinya ke konsep baru yang lebih baik dari konsep kamu. Kegesitan dan komunikasi yang aktif, menunjukkan vendor WO tersebut layak kamu pilih.

Mampu mengatur bujet

Ini dia, poin terakhir yang wajib kamu dan pasangan pahami. Sebelum mengeluarkan ide-ide yang kalian punya, utarakan terlebih dulu anggaran yang ada. WO yang baik seharusnya tidak menolak mentah-mentah ketika bujet yang kalian punya begitu terbatas.

Sebaliknya, mereka akan membantu mengkondisikan konsep menyesuaikan anggaran. Tidak hanya itu, perilaku terbuka juga sangat dibutuhkan dari tim pengatur pernikahan.

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id