5 Langkah Memilih Gedung Pernikahan yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

query_builder21 April 2016
flash_on943
personMas Ucok

Gedung adalah komponen yang tak bisa dilepaskan dari pesta pernikahan. Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas sih tidak masalah. Hanya perlu menyewa terop dan perlengkapan lain. Namun jika rumah terlalu kecil, menyewa gedung adalah satu-satunya jalan agar bisa menampung semua orang. Bagi Anda yang ingin melangsungkan pernikahan di gedung, sebaiknya melakukan lima langkah memilih gedung pernikahan berikut ini.

1. Pesan dan Pilih Gedung Sejak Jauh-Jauh Hari

Peraturan pertama sebelum memesan gedung pernikahan, jangan mendadak. Pertama akan sulit mendapatkan tanggal yang sesuai, terlebih jika pernikahan Anda dilakukan di bulan-bulan yang ramai. Kedua akan mendapatkan harga yang mahal. Tak sedikit pengelola gedung tega memberi harga mahal lantaran Anda terlalu butuh dan tidak bisa memajukan atau memundurkan jadwal pesta pernikahan. Paling tidak 2-3 bulan sebelum pernikahan Anda sudah punya pandangan akan memilih mana yang sesuai.

2. Sesuaikan dengan Dana yang Dimiliki

Anda jangan memaksakan diri untuk memilih gedung yang besar dan bagus tapi  keuangan sedang seret. Lebih baik menyewa gedung yang standar dan sesuai dengan kantong. Toh nanti gedung juga akan dihias sedemikian rupa hingga nampak lebih cantik. Jadi jangan memaksakan diri untuk menyewa gedung. Momen ini sekali seumur hidup, jadi jangan biarkan Anda jadi bingung dan harus berutang uang.

3. Pilih Gedung yang Lokasinya Mudah Dijangkau

Jangan memilih gedung yang lokasinya sudah sekali dijangkau oleh tamu. Usahakan gedung berada di sekitaran jalan utama hingga tamu yang hadir tidak kebingungan. Gedung yang lokasinya terlalu menjorok ke dalam mungkin lebih murah. Namun terlalu menyusahkan. Untuk masalah dekorasi, konsumsi, dan lainnya juga menjadi ribet. Jika memang masih bisa memilih jadikan gedung dengan lokasi agak sulit sebagai pilihan terakhir.

4. Perhatikan Fasilitas yang Disediakan oleh Gedung

Setiap gedung memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Ada yang fasilitasnya sangat minim hingga cuma ada lampu saja. Ada juga yang fasilitasnya lengkap dari kipas angin, toilet, hingga mungkin petugas kebersihan. Pilihlah gedung dengan fasilitas yang sesuai. Jika Anda tak masalah dengan fasilitas standar, maka pilihlah. Jika ingin gedung dengan fasilitas mumpuni maka pilihlah yang lain. Oh ya, bernegosiasilah dengan pemilik gedung agar lebih jelas masalah fasilitas.

5. Cari Gedung yang Punya Banyak Rekanan

Biasanya gedung pernikahan memiliki rekanan dengan pihak-pihak terkait seperti wedding organizer. Jika Anda tidak mau dipusingkan dengan pengaturan pernikahan dan segala keruwetannya, maka carilah gedung yang sudah mencakup segala hal. Biasanya mereka akan langsung menawari untuk dekorasi, pelaminan, hingga konsumsi dan juga pelayan yang akan membantu tamu yang datang.

Inilah lima langkah yang bisa Anda lakukan untuk memilih gedung pernikahan. Semoga hari bahagia yang akan Anda lalui berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id