Aktivitas Ampuh Usir Stres Jelang Pernikahan

query_builder16 March 2017
flash_on1,273
personFathia Azkia

Stres, cemas, dan khawatir berlebih adalah rasa emosional yang lazim terjadi pada pasangan yang hendak menikah. Apalagi jika tanggal pernikahan tinggal menghitung hari.

Akan tetapi sebaiknya stres jangan dibiarkan berlarut-larut, sebab bisa berpengaruh pada kondisi fisik kamu di detik-detik akhir menuju prosesi akad nikah. Kondisi yang ditimbulkan bisa jadi kelelahan, sakit kepala, insomnia, hingga gangguan pada perut.

Lantas, adakah kegiatan yang bisa dilakukan agar stres tak melanda kamu?

Pertama, memasak. Aktivitas dapur satu ini memang dianggap paling mempan untuk menepis stres. Selain menyenangkan, hitung-hitung kamu juga sekaligus melatih diri biar semakin jago mengolah masakan lezat.

Menurut penelitian, memasak bisa menghilangkan stres karena kegiatannya yang melibatkan seluruh panca indera. Tidak hanya itu, menghirup aroma dan rasa masakan yang kamu hasilkan juga dapat menjadi salah satu cara merilekskan pikiran.

Sebagai eksperimen awal, mulailah memasak menu kudapan sederhana seperti memanggang roti, yang dipercaya bisa memicu “mindfulness” pada diri Anda.

Kedua, berkebun. Apakah kamu mempunyai taman atau halaman di belakang rumah? Jika iya, yuk segera dimanfaatkan!

Pasalnya, berkebun diyakini sebagai kegiatan penghilang stres yang ampuh. Mulai dari memindahkan tanaman ke pot, menyiram tanaman dan merapikan rumput liar, semuanya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Nikmati saat-saat kamu menyentuh batu, tanah, rumput serta merasakan sinar matahari dan tiupan angin yang lembut menyentuh kulit.

Untuk lebih menghayati terapi meditasi ini, kamu bisa mencium aroma bunga, dedaunan dan tanah yang ada di kebun. Tarik dan hembuskan nafas secara perlahan untuk terapi pernafasan yang baik. Stres hilang, dan kamu pun siap sambut status baru dengan percaya diri!

Ketiga, mengajak jalan-jalan hewan peliharaan. Dengan berada di dekat hewan kesayangan, ada banyak manfaat yang kamu dapat. Seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan meningkatkan mood positif.

Jika si kucing atau anjing sudah terlihat butuh perhatian, tidak ada salahnya mengajak dia ke salon perawatan atau sekedar mengajaknya bermain. Sekali lagi, fokus pada kegiatan dan hubungan dengan si manis akan membuat kamu semakin relaks.

Keempat, bersih-bersih rumah. Eh, siapa bilang kegiatan bersih-bersih rumah hanya menimbulkan efek lelah? Faktanya, aktivitas yang mungkin kamu lakukan setiap minggunya ini justru merupakan salah satu penawar stres.

Mulai dari menggosok lantai, mencuci kendaraan pribadi, menyetrika dan menyapu.

Cara mengubah pekerjaan rutin tersebut menjadi aktivitas meditasi stres adalah cukup dengan fokus pada setiap gerakan dan jangan memikirkan hal-hal yang negatif.

Pusatkan pikiran dan rileks mencium wewangian dari cairan pembersih. Jika tiba-tiba teringat dengan sesuatu yang buruk akan pesta pernikahanmu, cobalah untuk kembali fokus pada kegiatan yang sedang kamu kerjakan.

Penting kamu ingat, stres berlebih tidak akan bermanfaat sedikit pun untuk kondisi fisik maupun psikismu. Terlebih menikah adalah satu momen bahagia yang mungkin hanya terjadi sekali dalam seumur hidupmu. So, hadapilah dengan perasaan yang bahagia pula!

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id