Ini Tips Mempersiapkan Pernikahan yang Hemat dan Berkesan

query_builder08 April 2016
flash_on967
personMas Ucok

Menikah merupakan suatu hal yang sakral dimana diharapkan hanya terjadi satu kali seumur hidup. Segala tenaga dan dana tentunya akan anda kerahkan guna persiapan pernikahan yang matang dan berkesan. Namun, tidak semua memiliki budget atau anggaran yang berlebih untuk konsep pernikahan yang berkesan. Tetapi, jangan lantas anda berkecil hati takkan bisa menjalankan konsep pernikahan yang demikian.

Anda masih dapat melakukan persiapan pernikahan yang berkesan walau dengan dana yang hemat dan tak berlebih. Ini tipsnya:

  1. Salah satu persiapan pernikahan yang paling utama harus anda lakukan ialah dengan berdikusi bersama keluarga. Anda dan pasangan harus duduk bersama untuk berkonsultasi akan dana yang anda dan pasangan miliki. Siapa tahu, keluarga anda ada yang ingin membantu, serta memiliki kenalan akan tempat cathering, photografer hingga gedung yang biayanya cukup hemat.
  2. Untuk persiapan pernikahan agar lebih efektif, anda wajib mencatat apa saja keperluan dan yang dibutuhkan sewaktu acara. Hindari mencatat barang yang tidak benar-benar perlu atau yang berfungsi hanya sebagai pelengkap.
  3. Dalam persiapan pernikahan, anda harus memilih dimana lokasi berlangsungnya acar pernikahan. Jika di gedung maka pilih yang pas kapasitasnya dengan jumlah undangan, namun akan lebih hemat jika anda menyelenggarakan pesta di rumah saja.
  4. Guna menghindari biaya berlimpah, lakukan acara pada satu hari itu saja. Misal akad nikah pada pagi hari, sedangkan resepsi pada siang hari.
  5. Persiapan pernikahan untuk baju pernikahan sebaiknya belilah pada bulan Maret dan Juni. Karena pada waktu tersebut harga sedang turun.
  6. Jika memilih mengadakan resepsi di gedung, maka terimalah tawaran paket all-in-one dimana sudah lengkap dengan katering, photo dan baju pengantin serta tata rias.
  7. Untuk persiapan pernikahan berwujud undangan, segera tentukan siapa saja yang anda undang.
  8. Perihal persiapan pernikahan untuk siapa penghibur dalam acara, anda dapat mempersilakan teman atau kerabat anda untuk mengisi sehingga dapat memangkas anggaran.
  9. Anda dapat melakukan persiapan pernikahan dengan mengundang melalui media sosial. Ciptakan kata-kata unik dan kreatif untuk menyebar undangan via media sosial karena undangan kertas biasanya akan langsung melayang ke tempat sampah.
  10. Anda dapat membuat souvenir sendiri, handmade yang kreatif. Persiapan pernikahan cara ini akan memangkas dana anda.

Persiapan pernikahan tersebut dapat anda lakukan guna meminimalisir dana pernikahan yang meroket. Terlebih, jika anda memiliki dana yang terbatas. Meskipun dengan anggaran yang hemat dan masih bisa melakukan persiapan pernikahan yang berkesan. Asalkan, anda memperhatikan beberapa tips diatas serta menjalankannya. Jangan terlalu memaksakan konsep pernikahan yang mewah jika dana anda terbatas. Sederhana saja, asalkan berkesan dan dinikmati tamu.

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id