Jangan Salah Pilih Fotografer untuk Pernikahanmu!

query_builder31 March 2017
flash_on1,614
personFathia Azkia

Tak lengkap rasanya bila momen bersejarahmu dan pasangan hanya tersimpan manis dalam memori, tanpa dikemas dalam bingkaian foto indah. Maka dari itu, saat resepsi, kehadiran fotografer plus videographer -bila perlu- sangat dibutuhkan.

Berbicara mengenai fotografer profesional, bila mencarinya lewat mesin pencari seperti Google, kamu mungkin akan dihadapkan oleh lebih dari ratusan nama fotografer ternama. Karena sudah berpengalaman, harganya pun biasanya jauh lebih mahal ketimbang fotografer pemula.

Sesuai dana yang ada, kamu bebas memilih mau menggunakan jasa ‘tukang foto’ yang terkenal maupun yang biasa-biasa saja. Akan tetapi, agar kamu tak salah pilih, sebaiknya pastikan empat kriteria ini ada di diri fotografer andalanmu.

Punya portofolio

Seorang fotografer yang profesional lazimnya tak segan menunjukkan semua hasil karya fotonya kepada kamu dan pasangan. Bahkan ia punya sebuah website atau blog khusus yang bisa kalian akses, sehingga tak perlu bertemu untuk melihat-lihat hasil jepretannya.

Untuk memastikan kerjanya bagus, kamu bisa menanyakan kepadanya sudah berapa banyak pasangan yang pernah ia foto. Lebih sering memotret dalam gedung, rumah, atau resepsi berkonsep outdoor.

Nyaman berkomunikasi

Saat bertemu langsung, kamu dan pasangan sebaiknya menilai sang fotografer dari caranya berbicara dan gestur tubuhnya. Apakah orangnya menyenangkan atau tidak. Sebab, kenyamanan dalam berkomunikasi sangat dibutuhkan saat acara pernikahanmu berlangsung.

Tidak hanya itu, kamu juga boleh mengecek kamera apa saja yang ia punya, merknya, spesifikasinya, dan peralatan penunjang yang dipakai.

Bisa jadi penasehat

Fotografer yang baik dan kompeten seharusnya mampu memberikan segelintir pendapat dan saran, terutama soal konsep foto dan sebagainya. Lantaran sebagai orang awam pastinya kamu sangat memerlukan konsultasi dari sang ahli.

Bahkan terkadang si fotografer bisa bertindak seolah-olah ia merupakan ahli dekorasi. Ia mampu mengutarakan pandangannya soal keselarasan antara busana dengan warna pelaminannya. Inilah salah satu poin plus yang sebaiknya ada di diri fotografermu.

Memiliki jadwal yang transparan

Saat memilih fotografer, kamu jangan hanya terpaku pada harganya yang pas di kantong saja, melainkan cek juga susunan jadwal yang ia buat.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui kapan ia akan selesai memindahkan kumpulan fotonya dari kamera ke laptop atau PC, tanggal berapa ia melakukan pengeditan, dan tenggat waktu pengiriman fotonya ke kamu.

Bila keempat kriteria di atas sudah terpenuhi, itu artinya fotografer tersebut layak kamu pilih. Selamat mencari!

Foto: Pixabay

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id