Tips Mengatur Anggaran Pernikahan

query_builder30 April 2016
flash_on1,282
personMas Ucok

Menikah merupakan momen paling membahagiakan yang diharapkan berjalan sesempurna mungkin bagi tiap calon pengantin. Untuk mendapatkan pesta pernikahan yang sempurna diperlukan persiapan yang matang, salah satunya berkenaan dengan anggaran pernikahan. Kenapa kita perlu membuat rencana dan mengatur anggaran pernikahan? Tidak cukupkah jika kita menyediakan saja setumpuk uang tanpa membuat rencana penggunaanya?

Pentingnya Membuat Anggaran Pernikahan

Anggaran pernikahan merupakan salah satu hal yang harus dipikir dan diperhitungkan secara matang oleh setiap pasangan. Sesuaikan anggaran pernikahan dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Membuat anggaran pernikahan juga dapat membantu kita agar tidak sering menghamburkan uang untuk hal-hal yang kurang penting, mengingat banyaknya hal yang perlu dipersiapkan untuk sebuah pesta pernikahan. Selain membantu mengalokasikan dana secara tepat, membuat anggaran pernikahan dapat membantu mengurangi stres menjelang pernikahan.

Poin Penting dalam Menyusun Anggaran Pernikahan

Dalam menyusun anggaran pernikahan ada beberapa poin penting yang tidak boleh terlewatkan. Poin-poin ini akan membantu memperkirakan kebutuhan finansial selama pesta pernikahan sekaligus sebagai pedoman pengalokasian dana yang efektif. Berikut poin-poin penting dalam anggaran pernikahan:

Biaya “Seserahan”

Seserahan merupakan salah satu momen penting menjelang pernikahan yang menjadi tanda dipinangnya seorang gadis oleh calon suaminya. Pada acara seserahan dari pihak lelaki ke pihak wanita biasanya perlu beberapa barang yang dibawa sebagai seserahan. Hal penting yang perlu dimasukkan anggaran seserahan antara lain:

1. Jenis barang seserahan

2. Banyaknya kotak seserahan yang harus dibawa

3. Jumlah keluarga yang menghadiri acara seserahan

4. Transportasi (jika lokasi rumah antara dua pihak jauh)

Biaya Pembuatan Kartu Undangan

Kartu undangan adalah salah satu pengeluaran yang harus diperhitungkan juga karena akan memakan biaya yang cukup besar. Hitung semua tamu yang akan diundang, dan tambahlah beberapa puluh kartu undangan sebagai cadangan jikalau ada tamu yang lupa terdaftar. Selain itu membuat undangan online bisa jadi salah satu alternatif untuk menghemat anggaran pernikahan Anda.

Biaya Administrasi KUA dan Akad Nikah

Pengurusan surat nikah dan pelaksanaan akad nikah di KUA tentu membutuhkan biaya meskipun tidak banyak. Selain biaya administrasi di KUA, jika akad nikah dilakukan di kediaman mempelai atau di gedung, maka akan ada biaya tambahan berupa ongkos untuk penghulu yang harus diperhitungkan.

Biaya Gedung atau Sewa Tenda

Tempat pernikahan bisa di rumah maupun di gedung, tergantung minat dan kebutuhan setiap pasangan. Biaya sewa gedung tentu cukup mahal, oleh karena itu siapkan anggaran untuk sewa gedung. Menikah di rumah memang lebih menghemat biaya dibanding dengan menyewa gedung, tetapi bukan berarti menikah di rumah tidak ada biaya yang harus dikeluarkan. Menikah di rumah berarti kamu harus menghias rumah dan memasang tenda atau “terop” sebagai tempat menerima tamu. Jadi menikah di gedung atau di rumah, jangan lupa biaya sewa tempat atau tendanya ya.

Biaya Rias Pengantin, Baju, dan Pelaminan

Biaya rias pengantin merupakan salah satu biaya yang sangat penting untuk diperhitungkan. Lakukan survei dan tentukan alokasi anggaran untuk memilih rias pengantin yang sesuai dengan keinginan dan cocok secara pendanaan.

Biaya Katering

Beberapa hal penting yang perlu diperhitungkan dalam menetapkan anggaran biaya katering antara lain:

1. Jumlah tamu yang diundang, kali dua

2. Pembagian sesi kedatangan undangan

3. Rundown acara

4. Pilihan menu

5. Porsi cadangan

6. Stan-stan camilan

Biaya Suvenir

Suvenir merupakan salah satu kebutuhan penunjang dalam pesta pernikahan yang cukup penting untuk diperhatikan. Pilih suvenir yang tidak terlalu mahal jika ingin menghemat anggaran.

Demikian ulasan singkat tentang anggaran pernikahan yang perlu dipersiapkan oleh calon mempelai. Semoga bermanfaat.

Dapatkan informasi dan inspirasi terbaru dari Sebarundangan.id